Kembalikan Tanaman yang Layu di Dalam Rumah dengan Cara Ini

Print
Memelihara tanaman di dalam rumah memang memiliki tantangan tersendiri. Biasanya, tanaman yang diletakkan di dalam ruangan bisa lebih cepat layu karena minimnya sinar matahari langsung. Namun, jangan khawatir.

Tanaman hias kesayangan yang mulai melayu dapat bisa kembali segar jika dirawat dengan intensif, dengan beberapa cara di bawah ini:

Mengganti Pot Tanaman

mengganti pot tanaman
Mengganti atau memindahkan tanaman yang mulai layu ke pot dengan media tanah yang baru menjadi pertolongan pertama. Pindahkan tanaman ke pot yang lebih besar sehingga akar tanaman dapat tumbuh dan bertahan.

Kamu juga perlu memilih media tanah yang dapat meyerap air dengan mudah. Selain itu, jika ada bagian batang atau daun yang menguning atau layu, sebaiknya dipotong terlebih dahulu agar tanaman terlihat segar kembali.

Berikan Sinar Matahari Langsung Secukupnya

Berikan sinar matahari langsung secukupnya

Keberadaan sinar matahari memang baik bagi pertumbuhan tanaman. Namun, bagi tanaman yang sedang “sakit” sinar matahari langsung yang berlebihan akan membuatnya semakin kering. Jadi, agar tanaman bisa kembali segar, kita perlu meletakkannya di tempat yang teduh.

Perhatikan Penyiraman

Perhatikan penyiraman

Setiap tanaman memiliki karakteristiknya sendiri-sendiri yang perlu dipahami; apakah tanaman tersebut tergolong yang membutuhkan banyak air atau tidak. Setelah itu, kita hanya perlu memastikan jika tanaman sudah disisram sesuai dengan kebutuhannya. Dengan begitu tanaman tidak akan kelebihan atau kekurangan air yang menyebabkan akar menjadi cepat rusak.

Berikan Pupuk Secukupnya

Berikan pupuk secukupnya

Pemberian pupuk juga harus dilakukan secara berkala sebagai pengganti unsur hara yang berkurang atau habis. Sebaiknya, pupuk diberikan setiap dua minggu sekali agar pertumbuhan tanaman dapat berkembang secara normal.

Baca Juga

Artikel menarik kami lainnya.