5 Tanaman yang Ampuh untuk Sembuhkan Luka di Bagian Tubuh Kamu

Print
Sebagian besar dari kita pasti pernah memiliki luka di tubuh yang diakibatkan dari cedera, terjatuh, atau lain sebagainya. Namun, tahukah kamu jika luka luar di tubuh dapat diobati dengan menggunakan bahan alami? Yap! Ada beberapa bahan alami alias tanaman yang dapat digunakan sebagai penggangti obat luka.
 
Selain bisa digunakan untuk mempercepat penyembuhan luka, tanaman tersebut tentu juga mudah ditemui di sekitar lingkunganmu. Nah, kira-kira apa saja ya obat alami tersebut? Cekidot!

1. Lidah Buaya

Image
Lidah buaya bisa jadi sudah menjadi tanaman yang tak lagi asing didengar. Selain memiliki manfaat untuk merawat wajah rambut, tanaman ini juga ampuh untuk mengobati luka. Hal itu dikarenakan lidah buaya memiliki berbagai jenis senyawa aktif, salah satunya antrakuinon, yang mana senyawa tersebut berfungsi untuk mencegah perkembangan bakteri pada luka.

Tanaman ini juga memiliki zat anti-bakteri, anti-jamur, dan anti-virus, yang dapat menghindari luka menjadi infeksi. Selain itu, lidah buaya juga dapat merangsang pergantian kolagen yang membuat luka di kulit kamu menjadi lebih cepat diobati.
Cara penggunaannya, kamu hanya perlu satu daun lidah buaya yang kemudian dipotong menjadi dua bagian, ambil lendirnya, dan tempelkan pada luka. Kandungan vitamin B6 pada lidah buaya pun akan mengobati rasa sakit serta menciptakan antibodi untuk melindungi system kekebalan tubuh.

2. Pohon Yodium

Image
Pohon Yodium atau yang kerap disebut sebagai pohon betadin juga dapat kamu gunakan sebagai obat luar untuk luka lecet, luka lama (koreng), luka bakar, dan luka sejenisnya. Beberapa kandungan, seperti alpha amirin, kampesterol, 7 alfa diol, stigmaterol, beta sitosterol, HCN, alkoloid, saponin, flavonoid, dan tannin, yang kemudian akan efektif untuk menyembuhkan luka serta mencegah terjadinya infeksi pada luka.

Untuk menggunakannya, kamu cukup petik satu daun yodium sampai ke pangkalnya, lalu oleskan getah yang keluar dari ujung batangnya pada area yang teluka. Selain mempercepat penyembuhan luka, tanaman ini juga bisa menghilangkan bekas luka yang menghitam.
 

3. Cocor Bebek

Image

Jenis tanaman hias satu ini ternyata bermanfaat untuk mengobati luka karena kandungan antiinflamasi dan anti-bakteri alami yang cocok digunakan sebagai antiseptik penyembuh luka. Cara menggunakannya cukup mudah, kamu cukup menumbuk daun cocor bebek hingga halus dan campurkan dengan air.

4. Batang Daun Talas

Image
Diketahui, tanaman talas memang kaya akan senyawa flavonoid, yang bersifat anti-bakteri. Di mana senyawa tersebut bisa membantu proses penyembuhan luka luar, yang bekerja dengan mencegah kulit terinfeksi bakteri. Selain itu, batang daun talas juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan rasa nyeri pada luka.
 
Senyawa lain yang dimiliki daun talas adalah tannin yang juga bisa menunjang penyembuhan luka sesuai dengan fungsinya untuk membuat pori-pori kulit mengecil, sehingga meminimalisasi pendarahan. Untuk menggunakannya pun cukup mudah, kamu hanya perlu memetik beberapa batang daun talas, lalu tempelkan getah yang keluar dari batang daunt alas ke area luka, dan diamkan beberapa saat.

5. Binahong

Image
Tanaman terakhir yang bisa digunakan untuk sembuhkan luka adalah binahong. Salah satu jenis tanaman menjalar ini kerap diketahui mengandung antiseptic yang bisa menyembuhkan luka secara cepat. Selain itu, binahong juga memiliki senyawa anti-inflamasi yag dapat membantu mengurangi bengkak serta memar akibat luka.
 
Cara menggunakannya, ambil beberapa helai daun binahong, tumbuk hingga halus, lalu tempelkan pada area kulit yang terluka, dan diamkan beberapa waktu.

Nah, itu dia sederet tanaman yang bisa kamu pakai untuk menyembuhkan luka. Jadi, jangan panik lagi saat terluka dan sembuhkan dengan obat alami. Selamat mencoba!

Baca Juga

Artikel menarik kami lainnya.